Searching...
Saturday, March 23, 2013
Saturday, March 23, 2013

Tugas 2 Manajemen Sumber Daya Manusia



Tugas 2 Manajemen Sumber Daya Manusia

Nama                  : Mirza Rezia Litsbarki
NIM                    : 018559767
Jurusan               : Manajemen
Fakultas              : Ekonomi
UPBJJ                 : Samarinda
Reg.Pertama      : 2012.1

Soal
1.Sekarang ini, banyak isu bahwa semua departemen akan memberlakukan sistem kompensasi secara remunerasi. Coba Saudara jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem remunerasi tersebut?
2.Jelaskan pendekatan baru dalam pengupahan!
3.Apa yang Saudara ketahui tentang insentif untuk tenaga penjual?
Karena teman-teman mahasiswa masih banyak yang belum bias mengupload tugasnya, maka waktu pengumpulan saya perpanjang mennjadi tanggal 20 Oktober 2012.Selamat mengerjakan tugas!

Jawab

1. Remunerasi berdasarkan kamus bahasa Indonesia artinya imbalan atau gaji. Dalam konteks Reformasi Birokrasi, pengertian Remunerasi, adalah penataan kembali sistem penggajian yang dikaitkan dengan sistem penilaian kinerja.

2. Pendekatan baru dalam pengupahan awalnya muncul karena beberapa permasalahan yang terjadi berkaitan dengan upah. Selama ini yang berlaku yaitu pengupahan didasarkan pada jabatan maksudnya semakin tinggi jabatan semakin tinggi pula upah yang diterima. Karena hal itu, terdapat beberapa kelemahan dengan struktur upah berdasar jabatan antara lain : pertama pendekatan tersebut kea rah birokrasi, kedua sifat dasar hierarki structural menguatkan suatu pengambilan keputusan dan arus informasi atas-bawah. Ketiga birokrasi perlu mengadakan dan memperbaiki deskripsi evaluasi jabatan dengan tujuan menghambat perubahan. Keempat struktur upah berdasarkan jabatan yang cenderung statis, kurang menghargai keinginan berperilaku. Kelima struktur upah yang mendorong perilaku mengejar promosi, sehingga hal ini tidak mendorong perpindahan karyawan secara lateral. Karena kelima hal diatas maka pengupahan baru berdasarkan :
a. keahlian
b. Kompetensi
c. Delayering dan Broadbanding

3. Insentif untuk tenaga penjual
Program kompensasi tergantung pada insentif 9komisi penjualan), walaupun agak bervariasi dalam industry yang berbeda. Dessler (2000) menjelaskan beberapa program gaji, komisi, dan kombinasi gaji-komisi :
a.      Program Gaji
Pada program gaji, tenaga penjual diupah dengan gaji tetap, walaupun kadang diberi insentif dalam bentuk bonus, hadiah kontes penjualan dan semacamnya. Alasan program ini antara lain pertama memiliki tujuan utama bersifat prospektif, misalnya mencari pelanggan baru. Kedua jika tenaga penjual sangat terlibat dalam pemberian pelayanan contohnya pengembangan dan pelaksanaan pelatihan bagi tenaga penjualatau berpartisipasi dalam pameran perdagangan.
b.      Program Komisi
Program ini mengupah tenaga penjual dengan proporsi langsung terhadap jumlah penjualan mereka. Mereka diupah berdasarkan hasil.
c.       Program kombinasi
Tidak sedikit perusahaan mengupah mereka dengan kombinasi antara gaji dan komisi dimana komponen gaji merupakan proporsi yang lebih besar daripada komisi. Umumnya proporsi gaji dan komisi secara berturut-turut adalah 80% gaji dan 20% adalah insentif.


Selesai

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!