Searching...
Saturday, August 30, 2014
Saturday, August 30, 2014

TIDAK HANYA JAGO KANDANG, UNIVERSITAS TERBUKA MEMBUKTIKAN KUALITAS UNGGULAN HINGGA KE LUAR NEGERI

Universitas Terbuka Terus Berinovasi Dalam Layanan Pendidikan. Posisi Market Leader Sebagai Perguruan Tinggi Jarak Jauh ( PTJJ ) Terdepan di Indonesia Jangan Membuat Terlena Ditengah Ketatnya Persaingan Mutu & Kualitas Pendidikan dari Negara Berlambang Garuda Ini

 UNIVERSITAS TERBUKA

Menjadi terdepan didalam negeri sudah menjadi suatu keharusan bagi kampus Universitas Terbuka. Dimana Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang satu-satunya serta diakui menerapkan sistem pembelajaran  jarak jauh dalam sektor pendidikan. Kampus asal bendera Merah Putih kini memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia bahkan mulai merambah ke permukaan dunia.

Universitas Terbuka yang telah mengupgrade sistem pendidikan dan pembelajaran sesuai zamannya ini pun tak lepas dari usaha keras dan panjang dari berbagai pihak. Dahulu saat awal berdirinya Universitas Terbuka yang masih sepi peminat dan hanya bisa dinikmati oleh sebagian masyarakat saja dengan mengandalkan sistem pembelajaran terdepan pada masa itu yakni dengan bahan terbatas. Seiring berjalannya waktu yang tidak sebentar, kini Universitas Terbuka telah memiliki sistem pembelajaran Online yang menjadi andalan mahasiswa seluruh indonesia bahkan Warga negara Indonesia di Dunia, toko buku yang siap melayani daerah perkotaan, pedesaan bahkan di Luar Negeri sekalipun.

Keberhasilan Universitas Terbuka dalam memudahkan para mahasiswa belajar dimanapun membuahkan hasil yakni Mahasiswa Universitas Terbuka kini tak mengalami kesulitan walaupun tersebar di banyak negara. Disamping itu, beberapa penghargaan telah diraih Universitas Terbuka antara lain yang bersifat Internasional adalah berasal dari Council For Open and Distance Education(ICDE) dan  Penghargaan dari Microsoft.

Selanjutnya, Universitas Terbuka juga telah memperoleh Sertifikasi ISO 9001 : 2008 bagi Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) tentang manajemen mutu untuk bidang layanan bahan ajar, pengembangan bahan ajar serta bahan ujian, Layanan Administrasi dan Manajemen UPBJJ. Karena kedisiplinan dan komitmen tinggi, sesuai Nomor KEP 219/PB.5/2013 Kementerian Keuangan tentang Penetapan Hasil Penilaian Satuan Kerja BLU Bidang Layanan Pendidikan Tahun 2012, tanggal 31 Desember 2013 diperoleh peringkat terbaik kepada kampus yang berpusat di Pondok Cabe ini.

Tak hanya itu, Universitas Terbuka juga telah menyesuaikan pendidikan yang diterapkan di Indonesia yakni sistem Akreditasi. Menurut 052/BAN-PT/Ak-XIII/S1/III/2011 dan 054/BAN-PT/Ak-XIII/S1/III/2011 yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Terbuka memperoleh Akreditasi "B"

Kenyataan tersebut menjadi salah satu bukti bahwa tidak ada yang perlu diragukan dengan akreditasi yang dimiliki Universitas Terbuka dan saatnya tidak hanya jago kandang tapi harus bisa dinikmati serta dibuktikan keunggulannya oleh Warga Negara Asing disamping Warga Negara Indonesia sendiri.

Menurut David Sewart dan Svein O haaland kepada pers " Kami surprize selama observasi di UT Indonesia ternyata memiliki sistem pengujian terbaik di ASIA" Jumat (10/06/2013). Menurut Penilaian Universitas Seluruh Dunia menurut lembaga terpercaya Webometrics, Universitas Terbuka Indonesia menempati peringkat 14 Antar Universitas Terbuka / Open University yang ada di Seluruh Dunia dari 54 Universitas. Sedangkan Universitas Terbuka Indonesia menempati World Rank ke 4400 (Update 08 Agustus 2014). Hasil telah saya rangkum ( Klik Disini ).

Namun Semestinya tidak hanya menarget  kelas Asia. Kedepannya Universitas Terbuka Indonesia harus menjajaki sebagai salah satu yang tebaik di Dunia karena Universitas Terbuka Indonesia lambat laun selalu meningkatkan kualitas proses belajar modern, meningkatkan kompetensi lulusan melalui kurikulum yang terintegrasi dan Program yang telah dijalankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu mahasiswa UT.

Peluang menjadi yang tebaik bukanlah mimpi atau khayalan bagi jajaran akademisi dimana kampus ini tetap dapat melaju menjadi yang terdepan. Ikatan Alumni yang tersebar luas merupakan salah satu dorongan bagi universitas terbuka karena untuk lebih meningkatkan prestasi para Warga Negara Indonesia sebagai kampus yang membanggakan. Hal ini merupakan salah satu respon positif dari akademisi Universitas Terbuka yang kian berubah menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Twitter Resmi  : @UnivTerbuka

"Tulisan Ini Dibuat Untuk Mengikuti Lomba Blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. TULISAN INI ADALAH KARYA SAYA SENDIRI DAN BUKAN MERUPAKAN JIPLAKAN"

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!